Bermain dengan Web App

author: taufan febriawan | May 12, 2015 |
no comments

Web app cari SPBU

Sudah seminggu ini saya ‘bermain’ dengan web app CARI SPBU. Sebenarnya secara harfiah, web app itu ya semua website yang bisa diakses melalui browser dinamakan web app. Namun pada web app yang kali ini saya buat, saya menggunakan fitur yang bisa memaksimalkan penggunaan browser untuk menampilkan app, yaitu fitur fullscreen.

Fitur fullscreen sebenarnya bukan barang baru. Semenjak html 5 pertama kali diperkenalkan sudah ada fitur fullscreen untuk menampilkan content website secara fullscreen. Namun yang menarik fitur fullscreen ini tidak hanya sekedar membuat tampilan website memenuhi layar monitor, tapi juga membuat halaman web yang ditampilkan memiliki quota memori yang lebih besar ketimbang membuka website pada tab browser biasanya.

Mobile browser yang terbaru bahkan lebih menarik lagi, dimana kita bisa menyiapkan website kita untuk menjadi web app yang bisa memiliki icon di homepage mobile device yang kita gunakan (khusus safari iOS dan chrome android). Icon tersebut sebenarnya berfungsi sebagai launcher namun sedikit lebih baik. Kalau launcher, akan mengarahkan kita browser dengan link tertentu. Namun icon web app ini tidak mengarahkan kita ke browser secara langsung, namun ke sebuah aplikasi (browser based) khusus menampilkan halaman website kita, tidak ada tab, dan tidak ada address bar sehingga terasa seperti sedang membuka native app. Fitur tersebut dinamakan Add to Homescreen. Jika kita menggunakan add to homescreen, website yang sedang kita buka akan ‘tersimpan’ icon dan nama website sebagai icon di homescreen device kita. Menarik bukan?!

Pada saat ini web app belum banyak bisa terintegrasi dengan kemampuan hardware dan belum banyak bisa berinteraksi dengan native apps lainnya. Beberapa yang saya ketahui web app bisa mengakses orientasi hardware, indikator baterai dan lokasi. Semoga diwaktu mendatang kemampuan web app bisa lebih ditingkatkan aksesnya misal akses audio, video dan push message. Web app adalah cara termudah bagi orang awam untuk mengerti dan belajar koding bahkan sampai level mahir. Hidup web app! 🙂

Sedikit fakta tentang Web App Cari SPBU yang saya buat:

  • Dijalankan diatas server yang menggunakan ubuntu, nginx, php dan hhvm
  • Database SPBU didapatkan dari Pertamina GO dan tidak update sama sekali (terakhir diambil sekitar seminggu yang lalu)
  • Data diproses menggunakan WordPress terbaru dan API yang saya buat sendiri
  • Data SPBU diintegrasikan dengan Google Maps API V3
  • Semua interaksi di browser menggunakan JavaScript
  • Web App ini dibuat hanya untuk tujuan pembelajaran
  • Logo pertamina dipakai semata2 untuk memberitahu pembaca bahwa SPBU yang dimaksud adalah SPBU pertamina, tidak ada kerjasama dalam bentuk apapun dengan pertamina

This entry was posted in daily me by taufan febriawan. Bookmark the permalink

0 peoples comment on “Bermain dengan Web App”

get in touch

Your email address will not be published. Required fields are marked *