Jangan Mau Cuma Jadi Secret Admirer, Ayo Nyoblos Tanggal 15!

author: taufan febriawan | February 12, 2017 |
no comments
scraping meaning from google

Akhirnya kesampaian juga buat infographic 🙂 Tadinya cuma iseng, kok yah susah banget scraping twitter, lalu belakangan ini jadi serius banget, lebih serius dari mengerjakan pekerjaan kantor. Pertama coba scraping twitter itu kira-kira setahun yang lalu yang tidak kunjung berhasil selama beberapa bulan. Sempat nyerah juga, tapi kira-kira sebulan yang lalu, tidak tahu dapat wangsit darimana, iseng-iseng lihat web console, kok kelihatannya ada pattern request yang tidak biasa. Mungkin bukannya tidak biasa, cuma baru ngeh saja ada pattern request tersebut yang ternyata adalah jawaban dari semua kegagalan scraping twitter sebelumnya.

Semangat dong jadinya, langsung deh tidak butuh waktu lama, bikin script php untuk mengeksploitasi pattern request tersebut. Semangat sebentar, datanglah kesulitan demi kesulitan. Ternyata tidak semudah itu meskipun kita sudah tahu apa yang harus discrap. Intinya masalah optimisasi script & efektifitas scrap. Dengan semangat pantang menyerah akhirnya jadilah script yang bisa scrap beberapa elemen twitter dengan kecepatan antara 100 data s/d 2000 data per detik.

Begitu semua data yang diinginkan telah terkumpul, kok rasa-rasanya masih ada yang kurang, sudah terkumpul data terus mau dibuat apa? Datanglah ide, kenapa tidak dijadiin infographic saja? Tidak butuh terlalu lama mikir, buka photoshop langsung deh atur-atur sana-sini desain infographicnya. Hal yang terpikirkan pertama kali sebelum desain adalah judul infographicnya, mau dikasi judul apa ini data-data yang sudah saya kumpulkan? Akhirnya datang ide untuk mengkaitkan infographic yang akan saya buat ini dengan tema valentine yang memang lagi masanya. Jadi deh tuh tema infographic yang juga jadi judul tulisan ini 🙂

Tidak usah lebih panjang dan lebih lebar lagi, berikut adalah hasil akhir infographic yang sudah saya buat:

Jangan Mau Cuma Jadi Secret Admirer, Ayo Nyoblos Tanggal 15! pilkada dki 2017

Banyak banget ilmu baru yang didapatkan karena rasa penasaran dengan scraping twitter ini, diantaranya adalah menggunakan elasticsearch & azure vm. Kalau ada saran atau pertanyaan terkait dengan infographic ini silakan hubungi account telegram saya di @tukangdezain. Sekian, semoga bermanfaat.

This entry was posted in daily me by taufan febriawan. Bookmark the permalink

0 peoples comment on “Jangan Mau Cuma Jadi Secret Admirer, Ayo Nyoblos Tanggal 15!”

get in touch

Your email address will not be published. Required fields are marked *